Sosialita


Di ujung meja terdengar cekikan wanita muda, mereka berbicara disusul dengan tawa dan cekikan yang mengganggu. Mereka begitu terlihat mencolok, gaun yang digunakan seakan mencerminkan siapa sebenarnya mereka.

Tak ada satu pun barang tanpa mereka di lingkaran tubuh mereka, pancaran itu mampu menyilaukan siapa saja yang melihat. 
Jeng... tas ini murah kok, aku belinya di Paris langsung saat liburan ke sana 
Kapan kita arisan lagi, udah ngga tahan nunggu undian.
Percakapan itu masuk ke dalam telinga, seakan semua yang ada di dekatnya mendengar jelas pembicaraan mereka.

Sosialita, sebuah status sosial yang tak terbantahkan, citranya seakan buat para wanita yang tak lagi paruh baya tetap memesona. Mereka membuat sebuah kelompok yang punya hal sama atas hobi mereka. Duduk di tempat elit, punya dandanan menor hingga perhiasaan berkilau.

Itulah yang tercermin dari para sosialita, obrolan mereka tak pernah jauh dengan hidup dan apa yang mereka punya. Sebuah benda berharga yang mereka miliki seakan mengangkat harkat dan martabat di kalangannya. Si wanita sosialita yang tak punya pun akan menggerutu di dalam hati. Ia ingin punya serupa atau bahkan lebih dari itu.

Segala acara dilakukan, tak lain dan tak bukan hanya itu pamer. Selebihnya itu tak perlu, kasta panjat sosial ini melekat di dalam benak mereka. Tak sehat memang, tapi itulah gaya hidup mereka pilih. Tak ada yang salah, hanya saja menguras kas pribadi atau suami.

Memang hidup itu berat bagi mereka, tak boleh ada cela. Sedikit saja keluar dari koridor yang mereka sepakati, siap-siap akan kena sindiran. Malunya ampun setengah mati, karena akan terus dibicarakan kapan pun.

Bukan hanya itu saja, segala yang dimiliki pun penuh dengan sindiran. Liburan atau barang yang dimiliki saja akan terus dikatai tanpa ampun apalagi sesuatu yang jauh di bawa standar.

Tapi semua itu nyata tak membuat mereka jera, karena pilihan menjadi sosialita beban peduli akan sesame. Bagaimana saat yang lain tak peduli dengan diri Anda, dengan bergabung ke sana segala tindak tanduk akan selalu diawasi.

Jangan heran kehidupan tak sehat ini seakan membuat mereka tahu segala hal yang kadang tidak kita ketahui. Itu semua hadir dari para sosialita… Hidupmu juga urusanku dan apa yang kamu miliki harus aku miliki juga.

Tertarik ke arah sana, silakan menjadi dalam lingkaran tatanan masyarakat yang sangat peduli banyak hal.

Sesaat mereka sedang duduk manja, terdengar dering telepon yang mengheningkan suasana ruangan. Ternyata salah seorang wanita sosialita di telepon, di ujung pembicaraan terdengar suara omelan sang suami.

Si sosialita yang paling nyaring suaranya seakan mendapatkan teguran yang membuat ia tertegun.

Ma… cepat pulang. Papa perlu mobil untuk pergi kerja…

Apa yang ia bicarakan dan tertawakan seakan berbalik jadi teguran si suami untuk cepat pulang. Ada-ada saja memang, tadi itulah mereka, penuh kejutan setiap apa yang dilakukan.

Share:

0 comments